Harga Tiket Paragliding Yogyakarta

Paragliding Yogyakarta

Paragliding Yogyakarta ditawarkan sebagai atraksi atau wahana wisata anyar yang wajib Anda coba. Sebelumnya, kota Yogyakarta dikenal sebagai kota gudeg. Yakni sebuah makanan yang diolah dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan cita rasa manis. Siapa sangka jika kota yang tidak seberapa luasnya ini memiliki banyak pilihan tempat wisata. Malah kini jumlahnya terus bertambah. Sebut saja mulai dari wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, dan juga wisata rekreasi semua tersedia. Bagi Anda yang penasaran dengan sensasi bermain paralayang pun kini tidak harus pergi jauh-jauh dari kota Yogya. Karena kini ada tempat paralayang yang harus Anda kunjungi untuk mencoba langsung serunya bermain paralayang like a pro.

Lihat juga : Promo Paket Wisata Indonesia

Puncak Paralayang Parangtritis Yogyakarta

Paragliding atau paralayang adalah atraksi terjun bebas menggunakan parasut. Atraksi ini mengandalkan hembusan angin yang mendukung untuk terbang melambung menggunakan parasut. Dibutuhkan lokasi dengan ketinggian tertentu sebagai landasan terjun yang biasanya berupa perbukitan atau tebing. Meski kini dikenal pula speed boat paralayang yang bisa dilakukan di area pantai dan ditarik dengan kapal cepat speed boat. Bagi Anda yang tinggal di sekitar Yogyakarta, kini ada satu tempat bermain paralayang yang belum lama dibuka. Yakni Puncak Paralayang Parangtritis yang berlokasi di dekat Pantai Parangtritis. Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum lepas landas dari Puncak Paralayang Parangtritis:

  • Nama Asli Bukit Gupit

Nama asli bukit tempat paralayang di Yogyakarta sebenarnya bukanlah Bukit Paralayang Parangtritis. Melainkan Bukit Gupit. Nama bukit ini mulai beralih semenjak penggunaan bukit sebagai tempat lepas landas paralayang atau gantole. Bahkan dulu juga pernah digelar acara olahraga bergengsi paralayang bertaraf nasional. Sejak itulah perbukitan ini dikenal sebagai landasan kecil palayangan dan karena lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis orang-orang mulai menyebutnya dengan Bukit Paralayang Parangtritis.

  • Mendaki Bukit Paralayang

Untuk menikmati atraksi paragliding Yogyakarta Anda harus mendaki Bukit Paralayang lebih dulu. Bukit ini berjarak sekitar 3 km dari Pantai Parangtritis. Untuk mendaki bukit Anda bisa mengendarai sepeda atau hiking. Tentu tidak masalah karena selepas perjuangan tersebut Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang tak biasa. Dari atas bukit terlihat kolaborasi unik antara hamparan pepohonan hijau, lautan, dan langit biru. Sekedar duduk menikmati pemandangan dari atas bukit terasa begitu asyik apalagi jika bisa menjajal sensasi paralayang langsung.

  • Landasan Pertama Tahun 1991

Bukit Paralayang Parangtritis awalnya hanya perbukitan biasa. Adapun di tahun 1991 mulai dibangun landasan beton perdana yang difungsikan untuk kegiatan olahraga paralayang. Kini fasilitas di sana lebih lengkap dengan keberadaan tangga, tempat parkir, dan pendopo joglo. Jadi para wisatawan bisa lebih tenang karena kebutuhan wisatanya bisa terpenuhi.

  • Bulan Paralayang

Para atlet paralayang memiliki bulan-bulan favorit untuk melakukan paralayang. Yakni antara bulan Desember hingga Februari, dimana saat itu cuaca relatif cerah dan tiupan angin cukup kencang mendukung aktivitas paralayang. Akan tetapi, akhir-akhir ini cuaca menjadi lebih sulit ditebak. Karenanya jadwal paralayang pun menjadi tidak tetap. Karenanya sebelum pergi berlibur pastikan kondisi cuaca mendukung kegiatan Anda.

Liburan Lengkap di Sekitar Bukit Paralayang Parangtritis Yogyakarta

Setelah puas menikmati wahana paralayang, jangan buru-buru pulang. Pasalnya ada banyak tempat wisata asyik di sekitar Bukit Paralayang Parangtritis. Tempat pertama tentu saja Pantai Parangtritis yang bisa Anda kunjungi guna menikmati deburan ombak yang syahdu. Tempat ini bisa Anda kunjungi secara gratis tanpa biaya retribusi.

Tidak jauh ada juga air terjun Parangtritis. Air terjun ini memang belum begitu populer. Pasalnya biasanya air terjun berlimpah hanya di waktu musim penghujan. Air terjun yang dimaksud berada di sisi barat Pantai Parangtritis. Lokasi air terjun ada di antara bebatuan karang yang cukup tinggi.

Satu lagi tempat wisata yang tak kalah seru. Adalah gumuk pasir yang bisa Anda akses dari Pantai Parangtritis dengan mengambil jalur ke Pantai Depok. Anda bisa berburu foto atau melakukan kegiatan seru lainnya. Seperti seluncur di atas pasir atau lainnya. Memang paket liburan lengkap saat Anda memilih paragliding Yogyakarta dan berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya. Adapun untuk informasi lebih lengkap Anda juga bisa mengakses situs resmi paragliding.co.id.

Baca Juga : Paragliding Bukit Gantole Puncak