Paragliding Harga

Paragliding Harga

Olahraga paragliding dapat dikatakan sebagai salah satu olahraga ekstrim menantang adrenalin yang banyak diminati akhir – akhir ini. Tetapi untuk mendalami olahraga ini tentu Anda membutuhkan beberapa pertimbangan. Salah satu hal yang banyak dipertimbangkan orang adalah mengenai paragliding harga. Olahraga ekstrim ini memang terbilang menjadi olahraga yang mahal, apalagi bila Anda berniat untuk mendalaminya dengan serius, bukan hanya ingin mencoba saja.

Bila Anda ingin serius dalam melakukan olahraga adrenalin ini tentu Anda perlu memiliki beberapa perlengkapannya, seperti :

Parasut

Parasut merupakan salah satu peralatan utama yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini. Parasut untuk paragliding memiliki bentuk elips dengan bahan 2 lembar kain nilon ripstop dengan ketebalan 44 g/m2. kedua lembar kain ini selanjutnya dihubungkan dengan lembaran tegak yang disebut ribs untuk tujuan mempertahankan bentuknya. Ada beberapa jenis parasut yang dikenal dalam dunia paragliding yang dibedakan berdasarkan beberapa hal, yaitu

  • Berdasarkan kemampuan penerbang

Jenis parasut berdasarkan kemampuan penerbang ini dibedakan menjadi 3, yaitu parasut standar, performance dan parasut competition. Untuk penerbang pemula biasanya disarankan menggunakan parasut standar

  • Berdasarkan ukuran

Sementara penggolongan parasut paragliding berdasarkan ukuran terbagi atas parasut ukuran XS, S, M, L, dan ukuran dual / tandem. Semakin berat penerbang, tentu memerlukan ukuran parasut yang lebih besar juga.

Lihat juga : Promo Paket Wisata Indonesia

Parasut paralayang / paragliding ini biasanya telah melalui pengujian dan dinyatakan telah memenuhi standar kelayakan untuk terbang. Ada setidaknya 2 standar uji parasut yang diakui internasional, yaitu Gutesiegel dan AFNOR. tiap jenis parasut tentu memiliki harga yang berbeda tergantung berbagai spesifikasinya. Banyaknya jenis parasut memungkinkan Anda untuk memilih parasut paragliding harga yang paling tepat untuk Anda.

Harness

Seat harness biasa disebut pula sebagai kursi penerbang. Kursi inilah yang digunakan sebagai tempat duduk oleh penerbang selama melakukan paragliding.kursi penerbang ini merupakan tempat untuk menyambungkan berbagai kabel dan tali yang diperlukan selama olahraga ini berlangsung. Untuk proteksi keamanan, biasanya pada seat harness juga dikaitkan parasut cadangan. 

Kabel dan tali kekang

Peralatan selanjutnya yang tak kalah penting adalah kabel dan tali kekang. Selain digunakan untuk menghubungkan parasut paragliding dengan harness (kursi penerbang), tali kekang ini juga akan ditalikan ke tubuh penerbang. Hal ini sebagai salah satu alat safety. Selain itu penerbang juga wajib untuk mengenakan helm dan beberapa alat safety lainnya.

Peralatan tambahan lainnya

Selain peralatan utama di atas, agar olahraga paragliding Anda tetap lancar dan aman, ada beberapa peralatan tambahan yang mungkin Anda perlukan, diantaranya

  • Variometer

Variometer ini memiliki fungsi untuk memantau tekanan atmosfer terkini. Adanya variometer akan sangat berguna bagi penerbang untuk mengetahui naik turunnya aliran udara. Hal ini tentu penting untuk memaksimalkan tingkat penerbangan selama paragliding.

  • GPS locator

Peralatan tambahan lainnya adalah GPS locator. Adanya GPS locator ini akan mempermudah dalam proses monitor pola penerbangan yang Anda lakukan. Bila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau tersesat di daerah lain karena keluar dari jalur, maka dengan keberadaan GPS locator ini tim Anda akan dengan cepat dapat mengetahui di mana posisi terkini Anda secara tepat sehingga dapat segera memberikan bantuan.

  • Radio / HT

Radio juga diperlukan sebagai peralatan pendukung paragliding Anda. Adanya radio berguna untuk melakukan komunikasi dengan kru / anggota lain mengenai zona pendaratan ataupun kejadian – kejadian yang mungkin terjadi selama Anda terbang.

 Paragliding harga untuk pemula

Bagi pemula, tentu Anda tak perlu langsung membeli berbagai peralatan paragliding tersebut. Anda dapat memilih untuk menyewa paragliding harga tertentu yang biasanya telah ditetapkan oleh petugas di masing – masing spot paragliding. Umumnya untuk terbang tandem bersama instruktur profesional, Anda perlu membayar biaya sewa yang berkisar antara 250 ribu hingga 600 ribu, tergantung harga yang ditetapkan di masing – masing tempat.

Baca Juga : Paragliding Bukit Gantole Puncak

Call Now
WhatsApp